Langsung ke konten utama

Cara Menanam Rumput Jepang di Halaman Rumah

Cara menanam rumput jepang tidak terlalu sulit, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencangkul tanah dan membuat lubang untuk meletakan bibit rumput jepang.

Memiliki halaman yang luas akan lebih menarik jika ditanami berbagai jenis tanaman hias. Sebuah taman biasanya ditanami dengan berbagai macam tanaman hias serta rumput sebagai pelengkapnya. Dimana rumput yang ditanam tidak hanya mempercatik taman, tapi bisa juga menambah kenyamanan. 



Selain itu rumput juga berfungsi sebagai penahan kotoran atau debu saat tersapu oleh air maupun angin. Ada beberapa jenis ruput yang populer ditanam disekitar halaman rumah antara lain rumput jepang, rumput gajah, serta rumpu gajah mini. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas cara menanam rumput jepang.

Rumput jepang biasa disebut juga rumput jarum, karena memiliki bentuk daun yang runcing dan tipis. Cara menanam rumput jepang diperlukan beberapa tahapan dan cara yang tepat agar mendapat hasil yang maksimal.

Rumput jepang memiliki bentuk yang berbeda dengan rumput liar. Jika rumput liar memiliki bentuk panjang maka rumput jepang cenderung lebih pendek serta memiliki tekstur yang cukup kasar. Selain itu, rumput jepang memiliki warna hijau pekat dan lebat dibanding rumput liar. Siapa si yang tidak mau halaman rumahnya berlatar belakang ruput jepang?

Mungkin kamu bisa saja menanam ruput jepang sendiri, tapi cara menanam rumput jepang agar tumbuh lebat dan tetap hijau tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa cara khusus agar menghasilkan rumput jepang yang segar dan lebat. Pada dasarnya penanaman rumput jepang tidak terlalu sulit, apalagi untuk orang-orang yang hobi berkebun. Pasti akan menyenangkan jika dapat menanam rumput jepang dihalaman rumah sendiri.

Maka inilah cara menanam rumput jepang yang baik dan benar agar mendapat hasil yang maksimal.

Cara Menanam Rumput Jepang: :

1. Persiapan Lahan

Hal pertama yang harus dilakukan saat menanam rumput jepang adalah mempersiapkan lahan tanam. Cangkul lahan yang akan ditanami rumput jepang kemudian ratakan, hal ini bertujuan untuk menggemburkan tanah agar mempermudah proses penanaman, selain itu proses ini sekaligus membersihkan tanah dari rumput liar serta gulma yang merusak pemandangan.

Jika tanah dalam keadaan kering kamu bisa menyiramnya terlebih dahulu. Kemudian berikan pupuk kandang, sebarkan secara merata diseluruh permukaan tanah yang akan ditanami. Komposisi ideal pemakain pupuk yaitu 2,5 kg/m.

Setelah itu, diamkan tanah selama kurang lebih 2 minggu, hal ini bertujuan untuk menhilangkan panas yang dihasilkan pupuk. Tetap sirami tanah secara rutin agar pupuk bisa meresap dengan sempurna kedalam tanah.

2. Penanaman Rumput

Cara menanam rumput jepang berikutnya adalah proses penanaman, perhatikan waktu tanamnya. Waktu terbaik untuk menanam rumput jepang adalah sore hari, karena cahaya matahari mulai redup dan dilanjutkan dengan malam hari yang memiliki udara yang cenderung lebih dingin.

Selain itu penanaman pada sore hari bertujuan agar rumput jepang bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya dengan waktu yang cukup panjang. Beda halnya dengan penanaman pada pagi hari, karena dari pagi ke siang hari membutuhkan waktu yang sangat singkat serta menyebabkan ruput cepat layu karena panasnya sinar matahari.

Sama seperti penanaman tanaman hias lain, atau rumput hijau lainnya lubang untuk cara menanaman rumput jepang juga dibuat zig zag dengan jarak ideal 5 cm.

Saat membeli bibit rumput jepang biasanya kamu akan mendapat rumput dalam bentuk bongkahan atau bergelombang, maka dari itu kamu harus memisahkannya agar bisa ditanam satu persatu. Namun saat pemisahan kamu harus berhati-hati, pastikan setiap rumput yang terpisah memiliki akar.

Selanjutnya masukan rumput kedalam tanah kemudian tutup dengan tanah, tapi jangan sampai menekan tanah terlalu keras karena bisa membuat akar menjadi patah dan rumput akan mati. Selain itu, penekanan tanah yang terlalu keras bisa menhambat pertumbuhan rumput jepang karena rumput akan sulit bernafas.

Setelah proses penanaman selesai kamu tinggal melakukan perawatan dengan cara melakukan penyiraman rutin pada pagi dan sore hari sampai rumput benar-benar tumbuh dan bisa beradaptasi dengan baik. 

Itulah cara menanam rumput jepang di halaman rumah, bagaimana mudah bukan? Sekarang kamu bisa menghias taman dihalaman rumah sesuka hati kamu. Selamat mencoba.

Komentar